10 Teknologi yang akan Menjadi di tahun 2017




Gartner, perusahaan riset teknologi informasi, telah mengungkapkan prediksi teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2017. Tahukah kamu, Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan (AI) dan Advance Machine Learning memuncaki urutan paling atas.
Seperti yang kamu lihat, perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Microsoft, Facebook, Apple, dan Amazon, mereka berlomba-lomba mengembangkan algoritma berbasis kecerdasan buatan. Contoh yang terbaru adalah ponsel google pixel yang dilengkapi Google Assistant. Lebih lanjut, berikut 10 tren teknologi industri 2017 menurut prediksi garthner.
Tren Teknologi Industri 2017 Menurut Prediksi Gartner
1. AI dan Advanced Machine Learning



Machine Learning adalah cabang lanjutan Artificial Intelligent (AI), yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. Machine learning ini diprediksi mampu mengubah perilaku masa depan, yang mengarah pada penciptaan perangkat dan program yang lebih cerdas. Gartner memprediksi AI dan Machine Learning akan lebih banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik untuk konsumen, virtual personal assistants, dan smart advisors.
2. Intelligent Apps



Contoh dari Intelligent Apps adalah virtual asisten yang akan membuat hidup kita lebih mudah. Bahkan Gartner memperkirakan bahwa asisten masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI.
3. Intelligent Things


Intelligent Things umumnya akan diterapkan di perangkat seperti drone, kendaraan mandiri, dan smart appliances. Seperti halnya Intelligent Apps, Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning. Berbagai perangkat dan peralatan cerdas bakal terus bermunculan dan semakin populer.
4. VR dan AR


Sekarang ini, Teknologi VR dan AR ibaratnya baru terlahir. Jadi wajar saja, jika pengalaman menggunakan teknologi Virtual Reality maupun Augmented Reality belum maksimal. Gartner memperkirakan bahwa kedua teknologi tersebut akan terus berkembang dan puncaknya tahun 2021 mendatang.
5. Digital Twin


Digital Twin mengacu pada software yang lebih dinamis, baik dari hal fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi. Mereka akan menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat monitoring tradisional.
6. Blockchain


Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Ke depannya Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam, mencakup konsep middleware, database, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas.
7. Conversational System


Di masa depan, Chatbot akan semakin banyak diadopsi. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.
8. Mesh App and Service Architecture


Tim aplikasi harus membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App and Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.
9. Digital Technology Platforms


Digital Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.
10. Adaptive Security Architecture


Perkembangan IoT dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru dan keamanan di lingkungan IoT adalah merupakan tantangan besar. Tim keamanan harus menciptakan solusi karena semua hal bakal berhubungan satu sama lain.
Itulah 10 tren teknologi industri 2017 menurut prediksi Gartner yang membawa dampak strategis bagi perusahaan. Menurut kamu, nomor berapa yang paling keren?

Artikel Ini Hasil ATM ( Amati Tiru Modifikasi )
untuk melihat halaman sumbernya silahkan kunjungi situs resminya dibawah in :

https://jalantikus.com/gadgets/teknologi-yang-menjadi-tren-2017/

Belajar Pengertian Kode HTML Dasar Pada Website Statis


HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Fasilitas hypertext merupakan metode yang menghubungkan (link) satu dokumen ke dokumen lain melalui suatu teks atau gambar. HTML merupakan halaman yang berada pada suatu situs internet atau web. Jadi, suatu situs terdiri atas beberapa halaman HTML atau web page. Semakin menarik isi halaman suatu web, semakin sering website itu dikunjungi. HTML  pada dasarnya merupakan kumpulan kode-kode yang ditampilkan dalam format tag untuk ditamplkan di halaman web atau blog.

adelano21.blogspot.co.id/gambar-html
Biasanya, hyperlink ada pada halaman web atau blog yang jika di klik oleh penggunanya, browser akan menampilkan dokumen yang terhubung dengan link tersebut. Untuk membuat suatu dokumen HTML biasanya menggunakan program Text Editor Notepad,Notepad++,atau Adobe Dreamweaver, dan juga Text Editor opensource seperti Sublime text editor,Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat dokumen HTML atau belajar menulis kode HTML dengan menggunakan editor teks Notepad.

Sebelum menulis kode kode HTML ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenal 4 istilah pada HTML yaitu: Element,Tag,Attribut,dan Value
1.      Elemet
Elemen HTML merupakan komponen yang menetapkan peran sebuah objek dalam dokumen, termasuk struktur dan konten dari objek tersebut. Contoh dari sebuah elemen HTML ialah p ataupun b yang telah dicontohkan pada bagian-bagian sebelumnya. Elemen-elemen populer lain dalam HTML misalnya a, h1, div, span, em, ataupun strong.

Kode di bawah menunjukkan contoh dari elemen a yang digunakan untuk membuat hyperlink ke halaman lain:

<a>

2.      Tag
Sebuah elemen biasanya direpresentasikan oleh tag. Tag pembuka menandakan elemen tersebut dimulai, dan tag penutup menandakan akhir dari sebuah elemen. Tag pembuka direpresentasikan dengan nama elemen yang diapit simbol “<>”, contohnya <a>. Tag penutup dituliskan dengan menambahkan garis miring (“/”) setelah simbol “<”. Misalnya, tag penutup untuk elemen a adalah </a>.
Berikut adalah contoh pengunaan tag a untuk membuat sebuah link:
<a>Ini adalah sebuah link</a>

3.      Attribut
Atribut merupakan informasi tambahan yang dapat kita berikan untuk sebuah elemen. Setiap elemen memiliki atribut yang berbeda-beda, meskipun terdapat beberapa atribut standar yang dapat digunakan oleh semua elemen.

Atribut khusus elemen dibuat ketika nilai atribut tersebut memang hanya pantas digunakan untuk elemen tersebut. Misalnya, untuk elemen img yang digunakan untuk menampilkan gambar, terdapat atribut untuk menentukan di mana sumber gambar yang akan ditampilkan di simpan. Atribut ini tentunya tidak akan berguna untuk elemen p, yang hanya menampilkan teks.

Atribut standar yang dimiliki oleh semua elemen sendiri merupakan atribut yang umumnya dapat diimplementasikan oleh semua elemen, misalnya atribut “id” untuk identifikasi elemen, atau “class” untuk klasifikasi elemen.
Kode di bawah menunjukkan contoh elemen a yang digunakan dengan atribut wajib elemen tersebut (href):

 <a href=``http://www.adelano21.blogspot.co.id''>Ini adalah sebuah link</a>

Kode di atas memberikan contoh atribut href yang dimiliki oleh elemen a. Atribut ini berguna untuk memberikan referensi hyperlink dari sebuah elemen (karenanya namanya “href” - hyperlink reference). Atribut-atribut yang dimiliki oleh tiap-tiap elemen akan dibahas lebih lanjut ketika pembahasan dari sebuah elemen dilakukan
4.      Value
Value merupakan nilai dari pada suatu attribut yang yang didefinisikan pada suatu tag HTML misalnya pada attribut href=”value’’

Contoh nya pada kode dibawah ini :
<a href=”http://www.adelano21.blogspot.co.id”> ini adalah sebuah link </a>

Kesimpulannya didalam element terdapat tag,didalam tag terdapat attribut,didalam attribut harus berisi nilai,semuanya itu memiliki pasangan masing masing

adelano21.blogspot.co.id/html2

 
Cara Menulis Kode HTML
  • Langkah pertama, Klik Start>All Programs>Accessories>Notepad atau klik Windows+R di keyboard dan ketik 'notepad' tanpa tanda petik
  • pada notepad ketikan teks seperti gambar di bawah :
  • Tag dasar HTML
adelano21.blogspot.co.id/html3

Apa arti dari struktur tersebut? Mari kita lihat satu per satu.
Elemen DOCTYPE
Digunakan untuk memberikan informasi kepada browser mengenai versi HTML yang digunakan oleh dokumen. Pada listing~ref{code:struktur-html}, versi HTML yang digunakan adalah HTML5.
Elemen HTML
Elemen ini mengandung keseluruhan dokumen HTML, yang berarti tag pembuka elemen HTML merupakan tanda awal dokumen HTML, dan tag penutup adalah tanda akhir dokumen.
Elemen head
Elemen head pada dokumen digunakan untuk menguraikan berbagai meta data (informasi yang berkaitan dengan dokumen), judul dokumen, dan tautan dokumen ke berkas-berkas eksternal. Berbagai data yang ada di dalam elemen head tidak akan nampak pada halaman web hasil tampilan browser.
Elemen title
Memberikan judul dokumen.
Elemen body  
Elemen ini merupakan penampung dari isi konten dokumen yang akan ditampilkan kepada pengguna.
  • Jangan Lupa Setiap penulisan pada tag HTML Ada Tag Pembukan <nama_tag> dan harus diakhiri dengan tag penutup </nama_tag>
  • lalu simpan hasil nya dengan klik Ctrl+S di keyboard dan beri nama file tesebut dengan exstensi .html Contoh : "belajar.html" lalu ubah save as type menjadi all files, dan klik OK.
adelano21.blogspot.co.id/html4
  • Untuk melihat hasilnya, cari file tersebut yang telah anda simpan tadi, biasanya type file tersebut firefox document. klik 2x file itu, sehingga hasilnya akan terbuka di web browser mosilla firefox.
adelano21.blogspot.co.id
 
Agar anda mudah untuk memahaminya, saya akan jabarkan penjelasan mengenai HTML pada video tutorial saya berikut ini

Note : didalam tag ada juga nama attribut yang berfungsi mendefinisikan tag tersebut lalu didalam attribut harus memiliki yang namanya nilai.

Belajar Pengertian LOGIKA dan ALGORITMA Pemograman Komputer

LOGIKA  DAN  ALGORITMA PEMOGRAMAN KOMPUTER

Baiklah disini Saya akan Membahas tentang Algoritma, berbicara tetang Ilmu Komputer tak lepas dari yang namanya Program program dan program, di dalam program kita selalu menemui yang namanya Logika dan Algoritma hal itu dikarnakan Mesin yang dibuat harus diberi kepintaran agar sesuai dengan yang kita harapkan,oleh karena itu disini saya akan membagikan sedikit Pengertian Singkat Tentang Apa Itu Logika dan Algoritma Komputer :

 1. Pengertian  Logika 
Berbicara dengan  logika (logic) berarti kita berbicara dengan pikiran atau nalar yang baik.   Logika identik dengan Inteligensia Quality (IQ) atau  kecerdasan mutu. Pengertian Logika adalah Susuatu  pernyataan atau kejadian yang  dapat diterima oleh Nalar atau Pikiran.    Dengan mempergunakan logika maka sesuatu pernyataan /kejadian tersebut dapat diterima atau tidak dapat diterima oleh pikiran.

Pernyataan/kejadian  yang  dapat  diterima  oleh akal disebut         BENAR

Pernyataan /kejadian yang tidak dapat diterima oleh akal disebut   SALAH

Benar diberi   simbol  1 

Salah diberi   simbol  0

2 Pengertian  Algoritma
Setiap manusia dalam melaksanakan kehidupannya harus saling berinteraksi dengan yang lainnya, dalam proses berinteraksi tersebut membutuhkan usaha untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidupnya. Dalam hal ini pasti pernah mengalami suatu hambatan, kesulitan atau kendala. Manusia yang bijaksana, tentu akan selalu mengantisipasi atau mengatasi masalah tersebut. Usaha yang dilakukan tersebut tidak selamanya menghasilkan penyelesaian namun justru mungkin menimbulkan  masalah baru yang tidak pernah dibayangkan. Dengan kata lain tidak menyelesaikan suatu permasalahan malah menimbulkan suatu  masalah yang baru.

Berikut ini diagram alur proses penyelesaian suatu masalah.
               
http://adelano21.blogspot.co.id/2017/04/pengertian-singkat-tentang-logika-dan.html/gambar1
Gambar 1. Diagram Alur Proses Penyelesaian Masalah

Gambar 1 menunjukkan sebuah  skema atau diagram alur dari suatu proses di dalam penyelesaian suatu masalah. Setiap bagian dari skema tersebut dilaksanakan secara simultan. Dari suatu masalah yang timbul, besar kemungkinan bisa lebih dari suatu algoritma yang digunakan untuk penyelesaian suatu masalah tersebut. Dengan demikian ada pertanyaan yaitu :
                 Algoritma mana yang digunakan ?.
             Mengapa algoritma tersebut yang digunakan ?.


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengerti memilih algoritma yang terbaik, dari sekian banyak algoritma yang ada. Beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan, yaitu :

1.      Ada Output / Keluaran
Algoritma yang dipakai tersebut harus memberikan solusi atau jawaban yang benar  (mempunyai keluaran) dari masalah yang sedang diselesaikan.

2.      Efektifitas dan Efisiensi
Suatu algoritma dikatakan efektif jika algoritma tersebut dapat menghasilkan solusi yang sesuai dengan masalah yang diselesaikan. Dengan demikian algoritma tersebut harus tepat guna juga relatif lebih singkat dan penggunaan memori yang relatif lebih sedikit.

3.      Jumlah Langkahnya berhingga
Banyaknya barisan instruksi atau langkahnya harus berhingga, jika tidak, proses yang dilakukan akan memerlukan waktu yang relatif lebih lama dan diperoleh hasil yang tidak diperlukan atau tidak berhubungan dengan masalah yang ada. Bahkan  memungkinkan proses akan berlangsung terus walaupun solusi yang diharapkan sudah diperoleh.

4.      Berakhir
Proses penyelesaian suatu masalah harus atau berakhir. Hasil akhir yang didapat merupakan sulusinya atau berupa informasi, artinya ditemukan solusinya atau tidak algoritma tersebut harus berakhir. Suatu prosedur atau instruksi yang hanya akan berhenti jika mempunyai atau menghasilkan solusi disebut SEMI ALGORITMA.

5.      Terstruktur
Urutan dari barisan langkah-langkah yang digunakan harus disusun sedemikian rupa agar proses penyelesaiannya tidak berbelit-belit. Sehingga memungkinkan waktu prosesnya akan menjadi lebih singkat.



Suatu algoritma harus menghasilkan keluaran yang tepat guna (efektif) dalam waktu yang relatif singkat dan penggunaan memori yang relatif sedikit (efisien) dengan langkah yang berhingga dan prosesnya berakhir baik dalam keadaan diperoleh suatu solusi atauoun tidak adanya solusi”.

Itulah Pengertian dan DeFinisi Logika dan Algoritma

sumber: ( Modul Pak Maranata Pasaribu M.kom )

Belajar Cara Merakit Kabel Jaringan Dengan RG45

Belajar Membuat Kabel Jaringan RJ45 

Mengkrimping Kabel RJ45 dan Urutan Kabel Straight & Cross untuk bisa membuat jaringan pada komputer yang terbuhung secara online ke internet/lokalSelain bermanfaat bagi saya dan anda juga yang ingin belajar membuat kabel jaringan lan sendiri. Ikuti saja langkah - langkahnya dibawah ini.
Sebelum memulai, tentu kita harus punya alat untuk mengkrimping seperti : 

·         Tank Crimping
·         Kabel UTP
·         Konektor RJ-45
·         Cable Tester

Tank Crimping

Tank krimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor,dan ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengkrimping kabel,alat ini bentuknya hampir sama dengan Tank biasa yang sering kita lihat atau temui. Dan di bawah ini adalah gambar tank crimping : 



Kabel UTP
Kabel UTP perlu kita gunakan untuk saling menyalurkan jaringan internet,dan di dalam kabel UTP ini di dalamnya ada 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni,dan ini warna kabel kecil yang ada di dalam kabel UTP :



URUTAN-URUTAN KABEL UTP (Straight dan Cross):
Berikut ini adalah urutan pengabelan Straight :
Ujung A

   1. Putih Orange
   2. Orange
   3. Putih Hijau
   4. Biru                                                                   
   5. Putih Biru
   6. Hijau
   7. Putih Coklat
   8. Coklat

Ujung B

   1. Putih Orange
   2. Orange
   3. Putih Hijau
   4. Biru
   5. Putih Biru 
   6. Hijau
   7. Putih Coklat
   8. Coklat
Berikut ini adalah urutan pengabelan Cross :

Ujung A

   1. Putih Orange
   2. Orange
   3. Putih Hijau
   4. Biru
   5. Putih Biru
   6. Hijau
   7. Putih Coklat
   8. Coklat

Ujung B

   1. Putih Hijau
   2. Hijau
   3. Putih Orange
   4. Biru
   5. Putih Biru
   6. Orange
   7. Putih Coklat
   8. Coklat

Konektor
Konektor adalah peripheral yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN.
Kita harus mempunyai konektor RJ-45 untuk dipasangkan pada ujung kabel UTP. dan alat ini sangat berguna sekali.



Cable Tester
Cable Tester adalah alat untuk menguji hasil krimpingan kita,tapi kalau krimpingan kita salah maka lampu di Cable Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil krimpingan kita sudah benar maka lampu di Cable Tester akan menyala dengan otomatis,jadi alat ini sangan berguna bagi kita untuk mengetahui hasil krimpingan kita,di bawah ini contoh gambar Cable Tester:



Praktek membuat kabel Straight
·         Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
·         Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
·         Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
·     Masukan kabel  yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
·      Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel.
·         Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
·         Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
·         Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).



Demikian penjelasan Cara mengkrimping kabel RJ45, Urutan kabel Straight & Cross, dan juga praktek pemasangan kabel Straight. Semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian !!!